4.20.2011

Cerita Sebelum Tanggal 16jan2011

Gue adalah cewe biasa yang biasa2 aja dan enggak luar biasa. Nama lengkap gue Deyani Hanifa Intan Faqiya. Keluarga gue biasa manggil gue “Deya”, kalo temen2 ada yang panggil “Dey” ada juga “Yaya”. Tapi kalo sekarang lebih sering di panggil yaya. Gue lahir di Cianjur, tanggal 5 Mei taun 1995. Sekarang gue kelas 2 SMA di SMA Budi Mulya Karawang. Asal nya sih gue sekolah si SMAN 1 Cianjur, tapi gue pindah. Ini cerita nya sampe gue harus pindah.

Beberapa hari sebelum taun baru 2011, papa bilang gini “kamu gak boleh kuliah sebelum pesantren (pondok)” awal nya gue ngelak dengan berbagai alesan, terus papa ngomong lagi “boleh kuliah sebelum pesantren, tapi papa gak mau jagain kamu di luar sana. Soal nya papa tau gimana pergaulan di luar, apalagi kuliahan. Berate kamu harus nikah dulu”. Deg! Dari situ gue mikir. Masa iya gue harus nikah dulu demi  kuliah? Ah, apa salah nya gue mesantren (mondok)? Toh itu juga bakal ada sisi positif nya buat gue. Tapi, masa iya gue harus mondok? Gue kan mau nya lulus SMA, kuliah, kerja, baru mondok. Tapi keinginan gue semua itu di tentang sama ortu.

Pertama2 nya sih gue masih belum begitu mikirin masalah itu. Pas malem taun baruan, di deket rumah gue ada acara. Gue keluar, terus gue ketemu temen gue, Risa (icha). Dia anak kelas 1 SMA di Boem (Budi Mulya). Di situ gue cerita2 tuh sama dia, gue sharing. Terus dia bilang “iya ya, mendingan sekarang aja mondok nya, dari pada di nanti2…bla bla bla”. Kata gue dalem hati “ iya juga sih, dari pada ntar keburu gue nya gak mau. Gue kan orang nya moody, sekalian memperbaiki diri nih. Gue udah banyak dosa, pengen tobat”.

Besok nya, gue ngomong sama mama kalo gue pengen pindah ke SMA Budi Mulya Karawang biar bisa ikut program pesantren nya juga.  Awal nya mama nolak, mama gak setuju sama pendapat gue. Dari situ gue udah bête, gue mau gini gak boleh, gitu gak boleh. Terus gue telfon icha, gue minta bantuan dia biar mama ngijinin gue pindah sekolah. Besok nya icha dateng ke rumah, terus ngobrol sama mama. Akhirnya mama ngijinin juga buat gue pindah sekolah.

Sejak itu, gue kepikiran terus. Apa bener gue bakal pindah sekolah? Apa bener gue bakal mesantren? Apa bener gue bakal ninggalin rumah? Ah banyak banget deh pertanyaan yang ada di otak gue. Tiap mikirin itu tuh, rasa nya gue pengen tereak “kenapa takdir hidup gue harus kaya gini? Gak kaya orang2 yang dengan mudah nya bisa langsung kuliah, tanpa pilihan berat kaya gini”. Mungkin buat sebagian orang ini masalah kecil, tapi buat gue, ini beban pikiran banget. Dan tanpa terasa, gue jadi sering netesin air mata.

Waktu itu tuh lagi libur, jadi banyak kesempatan buat ngomongin ini sama mama. Papa lagi gak ada di rumah, jadi gue minta ijin nya lewat telfon. Kalo papa, sekali bilang aja tuh langsung ngijinin. Mama gak ngijinin tuh karena ada alesan nya kata nya.  Pertama, mama gak mau gue jauh dari mama, karena gue anak pertama. Kedua, karena sekolah gue yang dulu smansa (SMAN1). Itu tuh sekolah favorit, udah SBI lagi.

Tapi gue gak mau dengerin alesan2 mama. Gue tetep kekeh pengen pindah sekolah.  Pikir gue, ntar di san ague bakal dapet temen baru, suasana baru, pengalaman baru, dan banyak lagi. Poko nya keputusan gue udah bullet mau pindah.

Beberapa hari sebelum nya, gue sama mama ke bank sambil belanja. Tapi gue gak ikut pulang bareng mama, gue ke rumah temen gue dulu, Nidya (cema). Gue cerita2 banyak sama cema. Gue belum ngasih tau semua temen gue kalo mau pindah. Niat nya gue pengen ngasih tau mereka lewat sms. Gue cerita tentang orang yang gue sayang (mo) di rumah cema. Dia tuh mantan gue. Gue pengen minta bantuan cema, gimana cara nya gue bisa ngobrol sama dia, mungkin buat yang terakhir kali. Gimana mau ngobrol? Ngesms aja tuh udah gak berani. Akhir nya gue nginep di rumah cema, gue nangis semaleman tuh.

Besok pagi nya gue pulang. Gue masih mikir, apa gue gak jadi pindah aja? Soal nya gue belum siap buat ngelupain mo. Gue masih sayang banget sama dia, sayaannngggg banget. Sampe2  tiap malem gue dengen satu lagu yang mana lagu itu tuh ngegambarin posisi gue banget. Tiap malem pulang gue nangis. Gimana sih rasa nya mau pergi jauh sama orang yang kita sayang? Temen2, orang tua, ade2. Tau gak? Rasa nya tuh beraaatttt banget.

Sebener nya itu gue lagi deket sama cowo, buka mo. Kita sebut dia A. Hari senin, gue sama A smsan. Pas tengan malem nya, gue jadian sama A. jadi tuh udah masuk hari selasa.  Kalo gak salah, hari senin tuh masih libur taun baruan, tanggal merah. Hari selasa nya baru masuk sekolah. Gue masih sekolah di smansa. Hari selasa, gue smsan sama A, gue udah gak begitu mikirin mo. Hari itu tuh gue masih ragu soal kepindahan gue. Rasa nya kaya mimpi, masa iya sih gue bakal pindah sekolah? Gak pernah tuh kepikiran gue bakal pindah sekolah.

A tuh anak smansa juga, tapi hari itu gue gak ketemu dia. Gue pulang barengan sama Ayu, temen sekelas gue. Gue cerita sama ayu, terus gue minta solusi. Gue jadi pindah apa enggak? Ayu bilang jangan pindah. Tapi tuh gimana ya? Gue udah niat pengen pindah. Gue dengan beribu alesan bilang ke ayu kalo gue bakal tetep 
pindah. Terus ayu ngomong gini “pindah aja ya sana. Asal kamu tau, gak ada sabahat sejati yang ninggalin sahabat nya. Egois”.

Cerita nya gue sama ayu udah pulang ke rumah masing2.

Di rumah, gue kepikiran terus omongan ayu yang barusan. “iya juga. Gue gak mau pisahsama sahabat2 gue di sini. Gue sayang sama mereka. mereka tuh bukan sekedar temen, tapi tuh keluarga. Jadi gimana ini? Apa gue gak jadi pindah aja?” niat gue yang asal nya udah kokoh jadi goyah.

Terus malem nya gue ngobrol sama mama. Mama bilang besok gue udah gak usah masuk sekolah, tapi bakal tetep dating ke sekolah buat ngambil surat pindah jam 8an bareng sama mama. Gue gak mau kaya gitu, masa gak ada perpisahan sama temen2 gue?

Bandel nya gue, hari rabu gue masih berangkat sekolah. Di kelas, gue puas2in jailin teme2 gue. Karena gue tau ini hari terkahir gue sekolah. Gue gak mau sia2in hari ini. Ini tuh hari rabu special buat gue.  Seperti bisa, gue dateng terlambat ke sekolah. Jam setengah 8. Pelajaran pertama tuh matematika, guru nya pa syahri. Gue udah deg2an takut di jadiin pajangan kelas sama guru. Gue lari dari gerbang sekoolah sampe ke kelas. Sampe kelas, sukurlah gue gak di hukum. Gue cengar cengir kanan kiri gak jelas, dan langsung buka buku matematika. Gue emang ketawa2, tapi hati gue nangis. Rasa nya tuh gue gak mau hari ini berakhir.

Bel istirahat bunyi. Ah sial, waktu sebentar lagi. Gue gak keluar kelas. Gue abisin waktu istirahat gue di kelas sampe jam pelajaran lagi. Pas istirahat kedua, gue baru keluar kelas. Terus gue ketemu sama cema, dia kelas XI IPA 6 (b6), kalo gue kelas XI IPA 7 (b7). Cema bilang tadi dia ketemu  mama, di sekolah.  Feeling gue udah gak enak. Gue Tanya, ngapain mama ke sekolah? Cema jawab “ngambil surat pindah”. Od DAMN! Gila. Ini bener2 hari terkahir gue sekolah di smansa. Gue gak boleh nyia2in waktu.

Anak2 kelas belum gue kasih tau semua. Cuma beberapa orang aja yang tau. Gue gak mau bikin kelas heboh, ntar banjir air mata lagi. Pas pulang sekolah, ada temen gue yang manggil gue dari kejauhan.

“yaya!” tereak temen gue. Gue nyaut, terus dia nyamperin gue. “ya, kata nya kamu mau pindah ya?” Tanya nya lembut. Gue gak bisa jawab, air mata gue udah pengen jatoh di situ, gue Cuma ngangguk. Dia langsung meluk gue sambil nangis. Ya gue jadi nya ikutan nangis lah. Abis itu gue jalan ke gerbang, di sepanjang jalan gue ketemu temen gue, gue minta maaf. Rata2 mereka semua gak percaya kalo gue bakal pindah. Tiap gue bilang “maafin aku ya kalo aku punya salah. Ini hari terakhir aku sekolah di sini, aku mau pindah” mereka pasti bilang “ah yaya nih becanda aja”. Eh gue serius malah di kata becanda masa? Setelah gue ngeyakinin mereka kalo gue tuh gak becanda, mereka nangis, gue juga nangis. Sedih banget gue kalo inget2 itu. Pengen nangis mulu nih jadi nya.

Hari itu, gue pulang bareng A, sekalian nyari kantor dinas P&K. Di jalan kita ngobrol2 banyak. Kira2 jam 5an gue balik sendiri.

Sampe rumah, gue langsung ijin sama mama. Gue pengen ngadain acara makan2 sama temen2 gue. Soal nya gue pengen ketemu sama semua temen2 gue. Udah dapet ijin dari mama. Gue langsung ngesms temen2 gue, semua nya. Tapi ada 1 orang yang gue kirimin sms special, MO. Pas mau kirimin sms itu ke dia, rasa nya keypad hp gue rusak, susah banget mencet nya. Akhir nya gue pencet tombol send sambil nutupin mata gue pake tangan kiri. Ah, akhir nya, “delivered”. Gak lama, mo bales sms gue. Huah, rasa nya tumbuh sayap di punggung gue yang bawa gue terbang ngelewatin atmosfer bumi. Seneeeennngggg banget. Tau gak? Gue ngonsep sms buat si mo ada lah kira2 2atau3 hari. Gue takut salah kata. Tapi sayang nya mo gak bisa dateng, soal nya dia ada acara (mungkin aja karena dia malu hihihi).

Itu kan masih hari rabu tuh. Gue ngundang temen2 gue hari jumat, abis jumatan. Malem itu gue gak tidur, gue takut kalo gue tidur waktu jalan nya lebih cepet, padahal kan sama aja ya? Hari kamis, ah, gue tunggu hari jumat.

Tek, pas hari jumat. Jam9an gue coba telfon temen gue, buat konfirmasi siapa aja yang pasti dateng ke rumah. Kata nya sih anak2 kelas b7 mau dateng semua cewe nya. Tapi tiba2 ada sms gini

“ya, kita gak mau dateng kalo acara nya barengan sama x4”

X4 itu kelas gue waktu gue kelas X. Haduh di situ gue udah pengen nangis kejer. Gue bingung, mau di kemanain ini makan kalo mereka gak dateng, eh salah, kenapa mereka gak dateng? Padahal kan mungkin ini acara terakhir sama gue? Tega banget kalo mereka gak dateng. Gak lama, ada yang ketok2 pintu belakang rumah. Dan ternyata anak2 b7 lah yang dateng. Plong rasa nya. Tinggal nungu anak2 x4.

Gue giring dulu tuh anak2 b7 ke ruang tamu, gue suguin minum ama cemilan dulu. Lagi ngobrol2 sama b7, anak2 x4 dateng lewat pintu depan. Huaaa rasa nya seneng banget banyak yang dateng, padahal tuh awal nya gue takut Cuma dikit yang dateng nya, eh ternyata bejibun. Belum lagi ada anak2 pss (Paduan Suara Smansa = exkul gue di smansa).  Gue ngajakin A buat dateng ke rumah, tapi dia gak mau, kata nya sih malu.

Sebener nya gue ngarepin kedatengan satu orang, mo. Tapi gue udah tau jawaban nya. DIA GAK MUNGKIN DATENG. Dan bener kan, dia gak dateng. Ah, udah lah.acara berjalan dengan lancar. Pas anak2 lagi pada solat di kamar gue, si sherly (dede) keluar ide aneh nya pas ngeliat lipstick mama di kamar gue. Masa coba dia coretin dinding kamar gue pake tuh lipstick? Gila kan? Terus anak2 yang lain jadi pada ngikutin deh, tapi mereka nyoretin nya pake crayon.

Kan lagi ada papa tuh di rumah. Papa sama mama lagi di lantai 2, terus gue nengok ke atas sambil bilang “ma, kamar dea di coretin” mama jawab “ya udah, gak apa2 ko”. Yes, alhamdu puji sukur gue gak di marahin hahai *tingtingting. Setelah beres semua nya tanda tangan di dinding kamar gue, satupersatu mereka pulang. Pas pulang heboh deh, ada acara sepatu dede ilang lah. Gokil banget lah.

Setelah mereka semua pulang. Rumah jadi sepi. Yang tadi nya isi nya lebih dari 75 orang  sekarang tinggal orang rumah aja. Asal nya gue mau beranglat ke karawang hari sabtu, tapi tuh karena papa ada rapat di bandung, jadi di undur hari minggu. Sebener nya sih kata papa kalo missal nya papa udah di cianjur lagi jam 3 sore, berangkat nya tetep hari sabtu.

Karena keberangkatan di undur, hari sabtu gue keluar, jalan sama A buat terakhir kali selama 1atau2 bulan kedepan. Gue balik nya magrib tuh, sengaja biar gak pergi hari sabtu. Lagian kan gue belum persiapan. Pas jalan, yaaa gitu lah biasa. Tapi tuh pas closing nya. A ngambek sama gue, dia bilang kalo dia tuh kecewa banget sama gue. Gue sadar gue udah bukin kesalahan, dan gue tau apa kesalahan gue itu. Gue minta maaf abis2an sama dia semaleman, sampe2 gue gak persiapan buat berangkat besok. Padahal tuh besok berangkat jam 6. Sedangan jam 2 malem gue belum ngapa2in dan belum istirahat. Akhirnya gue ketiduran, pas jam 4an gue bangun langsung nyiapin barang2, gak sempek tidur lagi, gue langsung mandi. Abis mandi kira2 jam setengah 6an lah, gue ngesms ayu, gue certain semua kesalahan gue sampe2 A marah. Karena waktu udah gak cukup akhir nya gue pergi.

Itu cerita gue sebelum pergi ninggalin semua kehidupan gue di cianjur. Kalian tau? Ada bagian2 yang menurut gue itu mengharukan, sampe2 pas ngetik tuh gue nangis hahaha. Ntar kapan2 gue pengen nulis cerita kehidupan gue di sana ah…

Bbye,  dhifaqiya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar