8.01.2013

Rasa itu...

Bukan rasa coklat atau rasa blueberry, tapi rasa suka, sayang, cinta, dan benci.

Rasa itu Energi
“Energi yang telah diciptakan adalah kekal”
Pernah belajar fisika tentang hukum kekekalan energi? Energi itu kekal, sekali diciptakan ia akan selamanya. Tidak akan pernah bisa dihilangkan, tapi bisa berubah.  Contohnya: dari energi listrik menjadi energi panas.
Rasa itu Air
Air itu hidrogen dan oksigen. Air mengalir dari tempat  tinggi ke tempat yang lebih rendah dari tempat awal. Air bisa melarutkan zat-zat lain. Jika zat sudah tercampur, air terkontaminasi. Air yang keruh bisa menjadi bening, begitupun sebaliknya. Suhu air akan menyesuaikan dengan suhu udara sekitarnya. Air menghancurkan batu, sekuat apapun batu itu, dengan cara perlahan. Air mematikan api, sebesar apapun api itu, air pasti menang. Air itu tenang dan alam.
Jumlah air dibumi ini gak pernah berkurang. Hanya berubah ke wujud lain, contohnya: uap. Atau air pergi sebentar, keawan. Tapi air pasti kembali kebumi tempat ia berasal dan seharusnya.

Rasa itu Debu
Debu akan menumpuk pada barang jika tidak dibersihkan setiap hari. Bahkan jika sudah terlalu lama,ia akan mengerak dan tak akan bisa dihilangkan oleh apapun. Kecuali kau membuang barangnya.

Rasa itu Makanan
Saat sudah masuk tanggal kadaluarsa, akan menjadi basi dan asam. Biarpun sudah diberi pengawet, tetap ada tanggal kadaluarsanya. Ada makanan yang enak lihat tapi begitu dicicipi, kurang enak. Ada juga yang tampilannya biasa saja, tapi bikin ketagihan.
Makanan dipasar, dijajakan penjualnya diatas tampi tanpa penutup. Dikerumuni lalat, orang yang lalu lalang pun bisa memegang hanya sekedar untuk memilih-milih, tapi tidak jadi dibeli. Makanan direstaurant,  dipajang dengan rapi dan tertutup. Tidak ada lalat. Semua orang ingin memilih tapi hanya dengan melihat, dan hanya orang yang membelilah yang bisa menyentuh dan memakannya sampai tinggal sisa bungkusnya.

Rasa itu Tanaman
Butuh berbagai macam hal untuk bisa tetap hidup dan tumbuh. Pupuk yang diberikan, itu mempengaruhi keindahan tanaman tersebut. Tanaman yang ditanam dipot dan dirawat dengan baik akan tampil cantik. Tidak seperti tanaman liar yang tumbuh dimana saja. Tanaman seperti itu tidak ada harganya, karena dikebun belakang juga banyak.

Rasa itu Magnet
Magnet selalu tahu arah. Magnet normal tidak akan bisa didekatkan jika kutub selatan dengan kutub selatan. Harus kutub selatan dengan kutub utara. Magnet yang dihancurkan hingga diameternya lebih kecil dari 1mm, lalu dihamburkan diatas pasir. Maka magnet lain akan dapat dengan mudah mengumpulkan pecahan-pecahan magnet diantara jutaan pasir itu.

Rasa itu Jarum
Hal kecil yang sering hilang, tapi sangat dibutuhkan disaat yang tidak bisa ditebak kapan. Sehebat apapun kamu menggunakan jarum itu, kamu pasti akan pernah merasakan berdarah tertusuk meskipun sekali. Jika jarummu jatuh ditumpukan jerami, sangat sulit dicari bahkan tidak mungkin ditemukan. Maka jangan bawa jarummu kalau kamu ingin bermain diatas jerami. Jika kamu menemukan jarummu yang jatuh ditumpukan jerami, jaga baik-baik jarum itu atau kamu akan menjatuhkan jarum yang sama ditumpukan yang sama.

Rasa itu Sampah

Apapun pasti menyisakan sampah. Sampah yang untuk dibuang saja butuh tempat. Jika kamu membuang sampah tidak pada tempatnya, sampah itu akan kembali padamu saat banjir datang. Sampah yang tidak langsung dibuang akan membusuk dan mengganggu sekali. Tidak semua sampah itu sampah, ada sampah yang bisa  didaur ulang sehingga menjadi berguna lagi meskipun berbeda fungsi. Sampah tidak akan menumpuk jika kita bijaksana dalam menanganinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar