12.23.2010

Rambutmu. Mahkotamu


Sebagian besar cewek menganggap rambut adalah salah satu bagian penting. Liat aja mereka yang di salon-salon. Mereka rela ngeluarin uang banyak demi dapetin rambut yang indah. Siapa sih yang enggak mau punya rambut kaya di iklan-iklan shampoo? Panjang, berkilau, lembut, kalo disisir enggak rontok, tebal, bervolume, pokoknya rambut mereka tuh kelihatan sehat dan indah. Apa sih yang ada di rambut? Ada kekuatan apa sampe banyak cewek ngorbanin waktu dan uang nya cuma buat ngurus rambut mereka?



Enggak sedikit cowok yang terpikat sama cewek karena rambutnya. Ya iyalah, mana ada cowok yang mau sama cewek yang rambutnya bau, lepek, kusam, kusut, bercabang, rontok, ketombean, kasar? Nah, buat para cewek yang cuek sama rambutnya, coba deh mulai urus rambut kalian. Ngurus rambut enggak harus ke salon kok, di rumah juga bisa. Kalian tinggal beli produk-produk buat rambut. Enggak harus pake steam atau apalah itu alat-alat di salon. Air bersih dan handuk pun jadi.

Banyak cewek yang mencatok rambutnya. Memang benar jika rambut kita di catok, akan tampak lebih indah, bahkan ada yang bisa membuat tampak bercahaya. Tapi sebaiknya jangan deh, karena mencatok hanya bisa memberikan rambut indah dalam waktu sebentar. Dan akhirnya, rambut kita malah rusak! Enggak mau kan rambutmu rusak? Bayangin aja deh, catokan yang panas kayak seterika, nempel di rambutmu. Seterika tuh buat baju, sekarang sepupunya seterika dipake buat rambut. Rambutmu bukan baju, kan? 

Daripada pake cara instan buat dapetin rambut indah, lebih baik kita rawat rambut kita. Yang biasanya cuma pake shampoo, cobain deh conditioner. Conditioner bisa ngebantu kamu dapetin rambut yang lembut. Pengen dapetin hasil yang lebih maksimal? Kalian bisa pake hair mask, vitamin rambut, hair tonic, dan lain-lain. Kalo rambut kalian sering di ikat, biasa nya ada bekas ikatan pada rambut yang enggak enak di lihat. Itu karena kalian ngiket rambut terlalu kencang dan telalu lama. Coba deh kalo kalian lagi di rumah, biarin rambut kalian terurai. Kasian loh rambutnya kalo kelamaan di ikat. Mungkin kalo bisa ngomong, mereka pada teriak : “Lepas ikatannya! Biarkan kami bebas terurai” hihihi.

Dengan cara kalian ngerawat rambut secara teratur. Rambutmu akan jadi lebih lembut, rambut bercabang pun akan berkurang, enggak kusut, harum, berkilau, enggak ketombean, enggak rontok, dan sebagainya.

Ada sedikit tips nih buat dapetin rambut indah:

-          Buat yang rambutnya tipis, coba kalian sisir rambut kalian dengan menggunakan sisir roll. Dan cara menyisirnya dari dalam keluar. Itu akan membuat rambut kalian tampak lebih tebal dan bervolume.

-          Buat yang rambutnya lepek dan kusam. Coba cuci rambut kalian. Kemudia, biar terlihat lebih fresh, ubah gaya rambutmu. Hanya dengan mengganti belahan poni dari pinggir kanan ke pinggir kiri, itu akan membuatnya tampak beda. Karena ponimu akan tampak lebih mengembang. Selain itu, biasanya rambut bagian dalam tuh lebih bagus di banding rambut bagian luar, jadi bagian dalam yang terlihat membuat rambutmu tampak sehat.

-          Buat yang rambutnya rontok. Coba kalian pake hair tonic, itu bisa nguatin akar rambut kalian. Jadi rambut kalian enggak rontok lagi. Hair tonic enggak hanya buat rambut rontok, ada juga buat yang lainnya. Rambut rontok bisa bikin botak loh lama-lama, iiihh sereeemmm.



-          Buat yang pengen rambutnya berkilau dan bercahaya. Kalian bisa pake vitamin rambut atau produk yang membuat rambut tampak bercahaya tanpa di bilas. Itu cara termudah. Selain rambut kalian tampak bercahaya, rambutmu akan menjadi lembut.


Ada beberapa tips dari http://www.kompas.com

1.  Mulailah dengan mengatur makanan. Pilih makanan yang mengandung sayuran hijau dan buah manis. Produk susu dan yogurt juga baik untuk rambut. Demikian juga dengan kelapa.

2.  Hindari makanan olahan atau kalengan. Ayurveda mengatakan bahwa makanan dengan pengawet buatan dan bahan kimia tambahan tidak akan memberi manfaat gizi untuk tubuh dan badan. Minuman dingin juga mengganggu proses pencernaan dan asimilasi zat gizi.

3.  Bumbu seperti lada hitam bermanfaat untuk kesehatan rambut. Tambahkan bumbu ini ke dalam sup atau masakan lain.

4.  Hindari stres karena dapat berakibat serius dalam jangka panjang dan mempengaruhi warna rambut. Cobalah atur waktu dan tugas untuk meminimisasi tekanan. Lakukan rileksasi/meditasi.

5.  Jauhi produk kimia keras yang dapat merusak rambut. Cari sampo dan kondisioner alami dan lembut, terutama bila Anda mencuci rambut tiga kali seminggu.

6.  Pijat kulit kepala dengan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk menstimulasi dan memberi kelembaban kulit kepala.

7.  Jangan sisir rambut dengan sikat ketika rambut basah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar